Obat Tradisional Maag adalah Dengan Puasa

Obat Tradisional Maag adalah Dengan Puasa

obat tradisional maag adalah dengan puasa

Banyak pasien maag yang ingin menjalankan ibadah puasa, tetapi khawatir tentang penyakit maag tersebut akan muncul pada saat mereka sedang berpuasa. Padahal obat tradisional maag adalah dengan puasa, bahkan puasa sangat baik dan dapat menyembuhkan penyakit maag secara total. Demikian dikemukakan oleh Dr. Ari Fahrial H dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Ilmu Penyakit Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, di Jakarta

Menurut Dr. Ari, semua orang yang mempunyai maag masih tetap bisa melakukan puasa dengan perhatian tetap pada konsumsi makanan dan minuman. Namun ada makanan yang “tabu” bagi pasien maag dan perlu menjadi perhatian sehingga membawa berkah positif sebagai obat tradisional maag dan bukan sebaliknya.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang perlu dihindari oleh penderita maag dalam menjalankan ibadah puasa :
1. Mengandung banyak gas, seperti kubis, sawi, kembang kol, kedondong, nangka, pisang ambon, buah kering dan minuman minuman yang mengandung soda.
2. Makanan yang susah dicerna antara lain keju dan kue tart.
3. Makanan yang merangsang asam lambung yang berlebihan seperti kopi, minuman beralkohol 20 – 50%, anggur putih, jus sitrus dan susu full cream.
4. Makanan yang secara langsung bisa merusak dinding lambung, seperti cuka, makanan berbumbu, pedas dan makanan yang mengandung merica.
5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti alkohol, snack coklat, makanan berlemak tinggi dan gorengan. 6. Makanan yang berkarbohidrat tinggi seperti beras ketan, mie, bihun, ubi, singkong, talas atau dodol.

Penelitian Dunia Medis mengenai puasa antara lain :
1. Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, puasa tidak akan menyebabkan dan memperburuk kondisi orang dengan penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes militus, asalkan pasien masih mengkonsumsi obat.
2. Penelitian di Paris menyimpulkan bahwa ketika menjalankan puasa asam lambung dan pepsin meningkat dan akan normal kembali setelah Ramadhan berakhir.
3. Di Turki, jumlah wanita dengan gangguan pada usus 12 jari akan lebih banyak dari pria di bulan puasa.
4. Di Indonesia, pasien dengan gangguan maag akut akan bisa memperburuk kondisi jika berpuasa.

Puasa dimaksudkan untuk mendapatkan kesehatan dan tidak dimaksudkan untuk menyakiti tubuh, apalagi dimaksudkan untuk menguji daya tahan tubuh. Jadi, dengan menggeser atau mengubah pola makan saja maka puasa bisa menjadi obat tradisional untuk maag. Supaya sistem metabolisme tubuh tidak merasakan dampak kelaparan berkepanjangan, Rasullullah menganjurkan strategi berpuasa dengan cara mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka.

Obat Tradisional Maag adalah Dengan Puasa